Atletico Nacional – Santa Fe – Bertaruh pada Apapun

Saya selalu mencoba menonton sepak bola langsung ke mana pun saya pergi. Awaydays adalah jurnal tentang itu.


Kami telah bepergian di Amerika Selatan untuk beberapa waktu dan saya ingin pergi dan menonton pertandingan sepak bola sejak awal, tetapi sangat tidak beruntung dengan waktunya.

Salah satu alasan utama saya ingin mengunjungi Buenos Aires adalah untuk menonton Boca Juniors, tetapi itu adalah jeda internasional ketika kami mengunjungi. “Baiklah, jangan khawatir”, pikirku. “Kami hanya akan pergi menonton Messi dan rekan.”. Tapi tentu saja itu adalah salah satu dari sedikit waktu mereka bermain di luar ibu kota.

Saya mengunjungi stadion, tetapi sayangnya tidak ada sepak bola langsung

Di Lima, Peru, saya memiliki kesempatan untuk menonton derby lokal, tetapi “sayangnya” saya memiliki terlalu banyak Pisco Sours di pesta ulang tahun seorang teman sehari sebelumnya, jadi tidak bangun tepat waktu.

Kemudian di Guayaquil, Ekuador, saya menemukan dua rival derby utama, Barcelona (bukan hanya namanya mirip dengan FCB, tetapi juga logonya) dan Emelec sedang bentrok. Tetapi sebagian besar penduduk setempat yang saya temui, mengatakan itu cerdik dan tidak aman untuk gringo.

Memaksa keberuntungan

Saya menyadari bahwa saya harus memaksakan keberuntungan saya sendiri, jadi ketika kami sampai di Medellin, saya membujuk yang lain untuk tinggal lebih lama, sehingga kami bisa menonton semi final di liga antara dua klub terbesar di Kolombia – Atletico Nacional dan Santa Fe (dari Bogota).

Beberapa hari sebelumnya, Atletico Nacional dijadwalkan bertemu tim Brasil, Chapecoense, di final Copa Sudamericana. Tapi seperti yang saya yakin sebagian besar dari Anda dengar, tim Brasil terlibat dalam kecelakaan pesawat dan kebanyakan dari mereka tidak berhasil. Hal ini membuat suasana seputar sepak bola di Medellin dalam keadaan berduka. Alih-alih memainkan final, semua penggemar memberikan penghormatan yang luar biasa kepada Chapecoense – Anda harus menonton videonya.

Mendapatkan tiket

Kami bertanya-tanya dan mendapatkan informasi yang berbeda, tetapi akhirnya kami menemukan bahwa siapa pun dapat membeli tiket di toko resmi Atletico Nacional, jadi kami menuju ke pusat perbelanjaan terdekat dan membeli tiket.

Itu sangat mudah dan kami tidak perlu menunjukkan ID sama sekali. Harga bervariasi dari sekitar 30.000-110.000 COP. Tidak perlu yang mahal-mahal, kecuali Anda ingin berlindung dari hujan.

Toko Atletico Nacional (juga dikenal sebagai Tienda Verde)

Malang lagi

Setelah mengamankan tiket, saya cukup gembira. Bagaimanapun, ini adalah dua tim terbesar di Kolombia, bertemu di semi-final – apa yang bisa salah?

Nah, rupanya Atletico Nacional berhasil mencapai perempat final Piala Dunia Antarklub FIFA dan akan bertemu Kashiwa – tim Jepang. Saya tidak terlalu memikirkannya, karena turnamen ini memiliki prioritas super rendah di Eropa. Tapi sayangnya itu BESAR di Amerika Selatan, yang berarti Atletico Nacional mengirim semua pemain terbaik mereka ke Jepang, meninggalkan tim muda yang buruk untuk bermain Sante Fe.

Itu benar-benar menghentikan kegembiraan, tetapi saya masih berharap untuk permainan yang bagus.

Permainan

Kami tinggal dalam jarak berjalan kaki dari stadion, jadi kami pergi lebih awal untuk minum bir dan melihat-lihat suasana di sekitar lingkungan.

Jalan besar menuju stadion penuh dengan penggemar. Tidak ada nyanyian, tetapi banyak bendera, kemeja, bus kipas angin, bir, dan aroma manis MJ. Sepertinya kebanyakan orang mendapatkan bir murah dari toko dan meminumnya di jalan, jadi kami bergabung.

Setelah beberapa gelas bir, kami menuju ke stadion dan ditepuk habis-habisan oleh polisi. Kami memasuki stadion dan bertanya kepada pramugara tentang kursi kami, yang dia tertawakan dan menyuruh kami duduk di mana saja.

Stadion itu jelas tidak penuh, tapi suasananya luar biasa dan saya pikir para penggemar menganggap ini sebagai pemanasan untuk pertandingan mendatang melawan Kashiwa. Mereka memiliki spanduk dan perlengkapan di mana-mana dalam bahasa Jepang, bukan Spanyol.

Saat para pemain memasuki lapangan, para pembicara mulai menyanyikan lagu kebangsaan, yang tidak dipedulikan oleh siapa pun, tetapi setelah itu mereka mulai menyanyikan lagu tim dan para penggemar memberikan semua yang mereka dapatkan. Mungkin salah satu lagu tim terbaik yang pernah saya dengar.

Dalam gaya Amerika Selatan yang sebenarnya, ada band besar di antara para penggemar, yang memberi ritme dan memutuskan nyanyian apa yang akan dinyanyikan. Itu bekerja dengan baik dan para penggemar terus bernyanyi sepanjang pertandingan.

Saya terkesan dengan tim muda Atletico Nacional. Mereka bermain sangat baik, tetapi sayangnya mereka kebobolan beberapa gol bodoh pada situasi standar dan setelah itu, semuanya menurun. Mereka akhirnya kalah 0-4, tetapi para penggemar masih kuat. Saya yakin itu akan menjadi pengalaman yang luar biasa menyaksikan kemenangan penting.

Fakta

Tanggal: 11/12/2016
Turnamen: Kolombia Primera A
Pertandingan: Atletico Nacional – Santa Fe (0-4)
Funbet: Lebih dari 2,5 gol @ 2,09
Cara mendapatkan tiket: Semua toko resmi Atletico Nacional
Harga: 30.000 – 110.000 COP
Peringkat Tifo: 2/5
Peringkat nyanyian: 3/5
Keamanan: 3/5